Bilal

Kemarin siang dapat cerita bagus dari khotib sholat jumat: Cerita pada jaman Rasulullah SAW, suatu hari beberapa penduduk Madinah memohon kepada Rasulullah SAW agar Bilal bin Rabah diganti dengan orang lain untuk tugas Muazin, alasannya karena Bila berasal dari suku bangsa di luar Arab (Bilal berasal dari negeri Eitopia).

Menurut mereka karena logat (aksen) Bilal bukan logat Arab, menurut orang-orang tersebut lagi bahwa Azan yang bahasa Arab akan terdengar lebih baik jika dengan muazin orang Arab asli. Maka dipililah seseorang pengganti Bilal untuk tugas muazin.

Hari itu pada malam harinya, ada kejadian luar biasa. Ketika semua penduduk Madinah tidur, mereka bermimpi, mimpinya sama persis, mereka bermimpi didatangi oleh seorang Malaikat. Malaikat itu bertanya: "Wahai penduduk Madinah mengapa hari ini kalian tidak sholat?" penduduk Madinah menjawab: "Wahai Malaikat hari ini kami sholat (subuh, zuhur, asar, maghrib, isya) seperti biasanya".


Malaikat bertanya: "Mengapa hari ini tidak terdengar azan sama sekali dari Madinah? Mengapa penduduk langit (para malaikat) tidak mendengar suara Azan dari Bilal? tidak seperti biasanya?

#hikmah 1 Ya Allah betapa mulianya Bilal bin Rabah, suara azan nya menembus langit di dengar oleh para Malaikat. Saya jadi penasaran bagaimana indahnya suara azannya Bilal *ila ruhi Bilal bin Rabah Al fatihah*

‪#‎hikmah‬ 2 jika di jaman Rasul SAW saja ada orang yang azan tapi tidak terdengar penduduk langit, tidak terdengar malaikak, maka apalagi azan orang jaman sekarang, apalagi dari orang yg banyak dosa seperti saya :(