Woles


Saat orang-orang mulai sibuk memulai aktifitas di pagi hari untuk bekerja dan lain-lain, Nabi Muhammad SAW mengajarkan pada umatnya untuk memulai aktifitas di pagi hari dengan Sholat Sunnah Dhuha, woles banget bukan?

Ketika orang-orang sudah bekerja di mana saja, dengan profesi apa saja, tiba waktu siang, tiba jam istirahat makan siang, ada waktu untuk sholat wajib, sholat zuhur, woles banget bukan?


Sore ada sholat Ashar. Kemudian waktu senja, saat matahari mulai beranjak tenggelam, ada sholat maghrib, woles banget bukan?

Dan sebelum tidur ada sholat Isya. Itu Belum ditambah lagi, kalau mau ditambah ada sholat sunnah rawatib, sholat sunnah sebelum sholat wajib (qabliyah) dan ada juga sholat sunnah setelah sholat wajib (ba'diyah). woles banget bukan?

Di tengah malam, saat orang-orang sedang asyiknya tidur, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk bangun malam dan melakukan sholat sunnah tahajud. woles banget bukan?

Di waktu-waktu istimewa, ada pula sholat sunnah yang dilakukan berjamah, seperti sholat tarawih (di bulan Ramadhan), sholat Ied (hari raya idul fitri dan hari raya idul adha), sholat gerhana (saat gerhana matari atau gerhana bulan), dan ada sholat istisqa' (sholat memohon turun hujan), woles banget bukan?

Setelah kita berwudhu juga ada sholat sunnahnya, namanya sholat tahiyatul wudhu. saat kita masuk masjid, sebelum kita duduk di masjid, juga ada sholat sunnah, namanya sholat sunnah tahiyatul masjid. saat kita memiliki masalah, dihadapkan dengan banyak pilihan ada sholatnya, namanya sholat sunnah istikhara. woles banget bukan?

Saat kita ingin sholat sunnah saja tanpa ada niat ingin apa-apa, ingin dekat saja sama Allah, ada sholat nya namanya sholat sunnah mutlaq. jika kita punya hajat, cita-cita ada sholatnya namanya sholat sunnah hajat. woles banget bukan?

Saat kita menyesal telah melakukan kesalahan, telah melakukan maksiat, telah melakukan dosa, kita ingin bertaubat, meminta ampun dan maaf kepada Allah, ada sholatnya, namanya sholat sunnah taubat. woles banget bukan?

Kalau kita ingin berlama-lama sholat sunnah, berlama-lama berdiri, ruku, sujud, duduk menghadap Allah, ada sholatnya, namanya sholat sunnah tasbih. woles banget bukan?

Dan ketika subuh tiba, saat sebagian orang-orang mulai bangun tidur dan mulai aktifitas, ada sholat wajib subuh, woles banget bukan?

Ada pula sholat sunnah jenazah, untuk orang yang sudah meninggal dunia, sebagai salam perpisahan dan penghormatan dari orang-orang yang masih hidup, sesaat sebelum jenazah tersebut dikuburkan. woles banget bukan?

Tapi ... pertanyaannya ...

Sholat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Apakah sholat kita, yang sudah kita lakukan bisa mencegah perbuatan-perbutan kita yang buruk? apakah meskipun kita sudah sholat wajib dan sholat sunnah, tapi kita masih sering marah-marah? suka mengeluh? tidak bersabar, dan putus asa?. jangan-jangan sholat kita masih hanya gerakan saja. seperti saya :( kalau seperti ini kita belum woles.