Monas

Majelis Rasulullah SAW (MR) adalah Majelis Dzikir dan Shalawat terbesar di Jakarta yang didirikan oleh Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa. Majelis Rasulullah SAW sering mengadakan kegiatan di Monas (Monumen Nasional), kegiatannya seperti pembacaan Ratib Al Haddad, pembacaan Quran Surat Yasin, dll, dilanjutkan dengan membaca Maulid Diya' Ulami karya Habib Umar bin Hafidz (Guru dari Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa) kemudian dilanjutkan Tabligh Akbar dan doa bersama. Pengajian tersebut sering dihadiri dan diikuti para ulama, para pejabat dan jamaah yang jumlahnya ribuan, baik dari Jakarta maupun luar kota Jakarta, baik dari Indonesia maupun luar negeri.


Kegiatan rutin Majelis Rasulullah SAW sendiri biasanya diadakan pada hari Senin, bada Isya, malam Selasa, di Masjid Raya Al Munawar Pancoran, Jakarta Selatan. Inti dari dakwah Habib Munzir ialah mengajak umat Islam khususnya para pemuda Jakarta untuk mencintai Nabi Muhammad SAW, bagaimana menjadikan Rasulullah SAW sebagai idola kita. Habib Munzir juga senantiasa mengingatkan agar kita tidak sampai putus asa untuk bertaubat dan mencari ridha Allah SWT dan rasa cinta Rasulullah SAW. Bahkan cita-cita Habib Munzir adalah menjadikan Jakarta sebagai Kota Sayyidina Muhammad SAW.

Kegiatan rutin Majelis Rasulullah SAW diadakan di Masjid Raya Al Munawar Pancoran tapi untuk kegiatan khusus, seperti saat dihadiri Habib Umar bin Hafidz, maka Majelis Rasulullah SAW diadakan di Monas, jadi bukan kali ini saja Majelis Rasulullah SAW mengadakan acara di Monas, hampir tiap tahun Majelis Rasulullah SAW telah mengadakan acara di Monas.


Mengenai berita akhir-akhir ini tentang Majelis Rasulullah SAW belum mendapatkan izin dari Ahok, selaku gubernur DKI Jakarta untuk mengadakan acara di Monas, awalnya saya pikir ini cuma wacana saja, saya masih yakin kalau mendekati hari H nanti, November 2015, Ahok akan memberikan izin. Sebab kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya di tahun 2014.

Namun sampai saat ini ternyata izin untuk Majelis Rasulullah SAW mengadakan acara di Monas ternyata memang belum keluar. Alasan Ahok adalah saat ini Monas telah disterilkan dari PKL, dan apabila Majelis Rasulullah SAW diizinkan maka kehadiran PKL di sekitar Monas tidak dapat dihindari.

Baiklah kalau itu yang terjadi, sebaiknya kita tetap melakukan hal positif, kita ambil hikmahnya, ingat Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa sering berpesan bahwa kita tidak boleh menentang pemerintah, dakwah Majelis Rasulullah SAW adalah dakwah yang santun. Jangan sampai kita terbawa pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membenturkan Majelis Rasulullah SAW dengan pemerintah. Kita yakin pasti ada hikmah yg baik dibalik kejadian ini.

Setelah usaha dari pimpinan Majelis Rasulullah SAW untuk mendapatkan izin belum berhasil, bahkan sampai ada saudara kita yang membuat petisi online mendesak pemerintah untuk mengizinkan acara di Monas, dan ternyata juga belum berhasil. Akhirnya Habib Nabiel Al Musawa mengeluarkan pesan di sosial media untuk stop minta izin monas, pesan lengkapnya bisa disimak disini