Tren Olahraga Lari di Jakarta

Tren Olahraga Lari di Jakarta. Ketika olahraga lari di ruang publik menjadi gaya hidup Orang Jakarta, begitu antusiasnya acara Lari selalu ada di setiap bulan (bahkan setiap pekan), sampai banyak brand yang mensponsori, seperti: The Color Run (CIMB Niaga), Mandiri Jakarta Marathon, Jakarta Free Spirit, The Music Run, Jakarta International 10K, Nike Running, dll.


Saya heran dengan fenomena tren olahraga lari di Jakarta ini, sampai saat ini saya masih belum menemukan alasan khusus mengapa olahraga lari di Jakarta menjadi tren? mungkin karena saya tidak tinggal di Jakarta. Di Malang, kota tempat saya tinggal, tren olahraga Sepeda sepertinya belum tergeser oleh olahraga lari.

Apakah karena tekanan hidup dan tekanan kerja di Kota Jakarta begitu tinggi, sehingga olahraga lari bisa mengobati dan menghibur diri? apa mungkin karena olahraga lari ini cukup murah karena hanya butuh kostum sederhana dan sepatu? atau mungkin karena olahraga lari itu menyenangkan, bisa bertemu orang banyak, bisa eksis mengatualisasikan diri di depan publik, misalnya saat olahraga lari orang-orang suka berfoto selfie lalu upload ke media sosial. Atau bisa juga karena orang-orang Jakarta sudah jenuh dengan aktifitas sehari-hari, seperti jalanan macet dan banjir, atau karena mereka sudah jenuh dengan segala macam hiburan yang tersedia di Jakarta?