Pesan Untuk Online Freelancer

Ada masanya, saat dimana kau tak kuat lagi begadang tiap malam, atau saat dimana kau tak punya banyak waktu untuk multi tasking menangani berbagai projek sendirian, atau saat dimana kau tak punya waktu lagi untuk upgrade skill, atau saat di sekitarmu mulai banyak freelancer baru, yang usianya lebih muda tapi lebih jago dan mengalahkan skill-mu.


Belum lagi soal kesehatanmu, seiring bertambahnya usia, mungkin saat daya tahan tubuh melemah dan gejala tipes menyerang, atau mulai ada keluhan semacam gejala asam urat, gejala diabetes, dan lain-lain.

Maka ada saat dimana kau mulai memikirkan, bagaimana memilah-memilih projek, mana yang diterima dan mana yang ditolak, bagaimana mulai mendelegasikan projek kepada teman, atau kamu berkomitmen mencari partner atau rekan kerja untuk membuat team, atau mungkin bisa mulai merekrut beberapa orang untuk jadi karyawan, dan selanjutnya membuat studio kecil-kecilan sambil bermimpi kelak akan menjadi perusahaan besar.

Alternatif lainnya, kamu bisa membuat produk online yang bisa kamu jual dan mendatangan dolar, yang bisa menjadi projek sampingan, sukur-sukur kalau jualan produk sukses bisa jadi passive income.

Atau kamu mengalir saja, teap memilih menjadi online freelancer single fighter dan begadang tiap malam? hidup adalah pilihan