Mengapa Mulai Menulis Blog?

Ada keasyikan tersendiri ketika menulis blog, lebih asyik daripada menulis tweet atau update status facebook. Meskipun tweet dan status facebook lebih instan, langsung dibaca orang dan langsung bisa di-reply, dikomentari, di-like. Menulis blog terasa lebih asyik, lebih personal, ide yang disampaikan muat lebih banyak, tidak mudah dinyinyiri, dan lebih mudah membaca arsip dokumentasinya.


  1. Ada sisa saldo di PayPal, cukup buat beli domain, sayang kalau gak dipakai, karena sementara tidak bisa dicairkan (withdraw) dalam rupiah
  2. Awalnya mikir enaknya beli domain apa yah? apa domain buat nama studio apa gitu buat projek apa gitu, atau domain buat nama produk apa gitu buat jualan online gitu. tapi gak jadi :)
  3. Akhirnya beli domain pakzam.com dengan pertimbangan dulu sempat punya domain ini setelah expired belum diperpanjang, untungnya gak dilelang sama penyedia domain sebelumnya, karena mungkin domain-nya belum hits
  4. Twitter yang aktif @pakzam, dan di internet mulai lebih intens pakai nama "pakzam" daripada "zamdesign", yang terlanjur pakai nama zamdesign dan gak bisa diganti yah biarkan saja, kalau yang bisa diganti sebaiknya pakai nama "pakzam"
  5. Karena "pakzam" nama personal maka domain pakzam.com dibuat untuk personal blog saja. mulai aktif menulis blog apa salahnya? :) daripada waktu dipakai buat baca timeline facebook / twitter, lebih baik nulis blog lebih produktif.
  6. Saya pengen buat blog di hosting gratisan semacam blogspot, wordpress, tumblr. meskipun saya punya reseller hosting. karena data blog di blogspot atau wordpress itu lebih aman dan abadi, kalau di hosting berbayar, tiba-tiba terserang virus atau hacker, atau lupa memperpanjang, data beresiko hilang :)
  7. Karena blogspot bisa pakai custom domain sendiri maka saya pakai blogspot
  8. Saya lihat banyak blogger indonesia yang sukses, dan mereka memakai blogspot
  9. Blogspot itu punyanya google, akun tinggal pakai dari gmail, tiap posting blog terintegrasi dengan google plus, lumayan buat nambah visitor :)
  10. Blogspot lebih leluasa custom layout, lebih leluasa pakai widget daripada di wordpress.com
  11. Saya lihat mereka yang masih aktif menulis blog rata-rata orangnya konsisten, masih eksis, dan produktif
  12. Tahun 2014 ini angka yang cantik untuk bikin sesuatu, mumpung ada kesempatan di ujung tahun sebelum 2015, daripada gak buat apa-apa mendingan bikin personal blog saja :)
  13. mudah-mudahan bermanfaat dan istiqomah :)