Ayat Quran Tentang Tabayun saat Mudahnya Berbagi Berita

Di Dalam Al Quran Surat Al Hujurat (Surat ke 49) ayat ke 6, Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu"

Ayat Quran tersebut sangat relevan dengan kondisi saat ini, khususnya di media internet. Begitu cepat dan banyak berita menyebar, dari berbagai macam portal-portal berita online, sampai broadcast di media sosial seperti status facebook, twitter dan lain-lain. Setiap hari kita lihat begitu mudahnya orang berbagi berita di media sosial, tema yang paling sering diangat adalah soal politik, kekuasaan, dan agama yang tentu saja dan efeknya cukup luar biasa.

Berita-berita yang menyebar tidak bisa ditelan mentah-mentah, tidak bisa langsung dipercaya, meskipun dari portal berita resmi, meskipun kadang sesuai dengan pemikiran kita. Dengan Ayat Quran di atas semoga kita bisa belajar, tak lagi buru-buru mudah menyebar berita yang belum tentu kebenarannya.

Tabayun = meneliti kebenaran sebuah berita